BAGIKAN ARTIKEL INI
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Unit metalcore asal pangkalan bun, Kalimantan tengah baru saja melahirkan single perdana berjudul “Hitam Menggumpal” 28 Agustus lalu. Band yang beramunisikan Ekky (Vocal), Ady (Gitar), Pur (Gitar), Riduan (Bass) dan Anggi (Drum) ini menuturkan bahwa single tersebut merupakan bocoran lagu yang akan berada pada Mini Album mereka “Belantara Kami” yang rencananya akan dirilis pada 2019 mendatang dengan berisikan 6 track didalamnya beberapa diantara lagu – lagu baru dan 1 lagu lama berjudul emosi.

Melihat Kondisi social masyarakat yang saat ini sedang berjuang melawan asap kebakaran hutan di Kalimantan tengah khususnya di daerah pangkalan bun sendiri, mereka (Apophis) juga turut andil dalam mengkampanyekan STOP PEMBAKARAN HUTAN & LAHAN melalui karya – karya yang dikemas dalam bentuk video clip dengan dibantu beberapa teman dekat mereka seperti ical pada talent, jihad sebagai camera sekaligus editor, dan fajar pada pengambilan video drone.

Video yang berdurasi lebih dari 4 menit ini dikerjakan pada pertengahan agustus 2018 dimana musim kemarau sedang tinggi dan kebakaran hutan masih menyelimuti kondisi lingkungan yang ada, selain lokasi bekas kebakaran hutan, proses produksi video clip hitam menggumpal juga mengambil lokasi sungai kecil yang saat in semakin keruh di daerah mendawai seberang.

Dalam proses pengerjaan single perdana tersebut, Apophis juga mengajak salah satu vocalis wanita berbakat dari pangkalan bun juga yakni Eka dari band pink flower. Besar harapan melalui bentuk audio visual, Single Hitam Menggumpal dapat membuka mata masyarakat bagaimana kondisi hutan di tanah Kalimantan saat ini.

Apophis
Apophis (Musikindo.net)

Dilansir melalui pembicaraan kami dengan Apophis, mereka menjelaskan bahwa “Saat ini proses pengerjaan mini album telah berjalan 50% dan secepatnya akan diselesaika”. Riduan menambahkan mengenai single hitam menggumpal, “Hitam menggumpal sendiri sebenarnya keresahan kami terhadap hutan di tanah borneo, lihatlah hutannya terbakar terus, dan parahnya sengaja dibakar untuk pembukaan lahan baru, selain itu juga lihat sungai kami semakin keruh.”

Untuk Video Clip “Hitam Menggumpal” dapat kalian simak di kanal Youtube 746 Picture.

Apophis adalah sebuah band bergenre Metalcore. Apophis berdiri sejak 2011 dengan formasi Eky (vox), Pur (gitar), Anggi (drum). Seiring berjalannya waktu, Riduan terlibat kedalam Apophis pada tahun 2013 memainkan Bass, kemudian di susul Ady pada tahun 2014 memainkan Gitar 2. Apophis terbentuk di kota kecil Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan tengah.

Apophis menjadi sangat di kenal setelah meluncurkan single pertama mereka berjudul “suara kematian”, dan terlibat di dalam album Kompilasi “Pangkalan Bun Ribut #1” pada tahun 2012. Kemudian berlanjut ditahun 2013 mereka meluncurkan single ke 2 “Whispering death”. Di Tahun 2014 mereka meluncurkan single ke 3 “Emosi”. Ditahun 2015 mereka meluncurkan single ke 4 “Hitamkan Jiwa” yang sudah terlibat dalam album kompilasi se-kalimantan tengah “Now or Never Compilation” 2018.

Apophis adalah band produktif yang selalu menciptakan materi-materi baru dari tahun ke tahun. Kemudian 2016 – 2017 Apophis sedangm empersiapkan materi untuk Ep Album Pertamanya.

Tahun 2018 Apophis mengerjakan semua materi yang sudah di persipakan,dan jika tidak ada halangan 2019 Ep pertama siap didengarkan oleh public.(Musikindo.net).


BAGIKAN ARTIKEL INI
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published.