Loading

wait a moment

10 CARA PROMOSI BAND INDIE

cara promo band indie
BAGIKAN ARTIKEL INI
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kebanyakan seniman, membuat lagu atau menulis hanya karena itu adalah apa yang mereka nikmati dan ingin menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk melakukannya. Namun suatu karya yang baik amat disayangkan jika tidak bisa dinikmati oleh orang lain dan tentu saja tidak mendatangkan keuntungan. Maka dari itu mulai dari sekarang buatlah musik Anda sebagai produk dari bisnis Anda dalam artian Anda dan musik Anda adalah bisnis Anda.

Aksesibilitas / saluran Promosi
Berikut adalah beberapa saran tentang tempat Anda bisa mempromosikan band dan musik Anda, semoga dapat membantu.

  1. Website dan Blog: Website Anda adalah di mana para fans potensial akan pergi untuk mengenal band Anda. Jadi pada setiap promosi selalu pastikan ada link ke halaman web Anda. Pada halaman web Anda, mereka harus dapat menemukan sample demo musik band Anda, sebuah link agar mereka dapat mendownload lagu Anda. Setiap kunjungan ke situs Anda adalah penting maka buatlah web dengan tema yang baik dan menarik dan tentu saja sertakan demo lagu andalan Anda.
  2. Facebook / MySpace / Twitter: Facebook dan situs jejaring sosial yang besar adalah alternative mutlak agar dapat berhubungan dengan penggemar Anda melalui update status untuk selalu memastikan mereka mengetahui perkembangan band Anda ketika Anda menghasilkan suatu karya baru baik Mp3, live performance, event, mini album, full album maupun Video Klip.
  3. Situs internet lain: MySpace dan Facebook tidak hanya outlet Anda untuk dapat menampilkan karya band Anda secara gratis. Ada banyak situs yang dirancang untuk membantu seniman mempromosikan musik mereka. Last.fm, ents24.com, dan , soundcloud, reverbnation.com adalah beberapa situs terkenal dimana Anda bisa mulai mempromosikan band Anda.
  4. Flyers dan  poster: Selain media promosi di internet flyers dan poster juga merupakan media penunjang yang baik yang kadang disepelekan berkat kemudahan promosi via internet. Dengan adanya flyers dan poster akan menimbulkan gagasan bahwa band Anda adalah band yang serius dan sudah mempunyai nama dengan begitu tidak menutup kemungkinan mereka tertarik untuk surfing band Anda di internet.
  5. Merchandise: Membuat beberapa stiker, pin, t-shirt atau apa pun yang dapat Anda pikirkan yang mencakup nama band Anda dan halaman web band Anda kemudian bagikan ke kerabat dan teman-teman Anda terlebih dahulu. Bayangkan jika t-shirt kita dikenakan oleh banyak orang atau stiker kita dipasang di kendaraan mereka, itu akan mejadi objek promosi bergerak dan tentu saja akan banyak orang melihat. Sekali, dua kali melihat mungkin sebagian dari mereka tidak memperhatikannya, namun untuk seterusnya tidak menutup kemungkinan membuat mereka penasaran dan mencoba mencari tahu tentang band Anda atau setidaknya dapat membekas di ingatan mereka tentang nama band Anda.
  6. YouTube dan vimeo Buatlah video klip lagu band Anda dan upload ke Youtube atau vimeo Pasti Anda sudah mengetahui bahwa Youtube dan vimeo adalah dua situs terbesar di dunia dimana semua orang dapat sharing video secara gratis. Ini akan sangat membantu proses promosi band Anda.
  7. Musisi direktori, Ada banyak direktori artis musik di web. Ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Misalnya Yahoo direktori menerima kedua daftar gratis dan berbayar.
  8. Radio Internet / Live Streaming Radio Ada ratusan stasiun radio internet Anda dapat surfing di google dan menentukan sendiri yang cocok untuk ajang promosi band Anda dan pastikan sertakan lagu terbaik band Anda karena stasiun-stasiun ini selalu mencari musik baru yang berkualitas untuk diperkenalkan kepada pendengar.
  9. Ringtones Handphone / apps: Anda bisa membuat ringtone ponsel dari salah satu lagu Anda untuk fans Anda. Setiap kali ponsel mereka berdering akan mengingatkan mereka tentang band Anda. Selain itu, dengan perkembangan ponsel iPhone dan lainnya, Anda bahkan bisa menjadi akal dengan menciptakan aplikasi mobile Anda sendiri.
  10. Yang paling penting dari semua itu adalah dengan mengikuti event atau festival band agar banyak orang dapat menilai lagu band Anda dan skill bermain musik Anda.

Catatan terakhir – Jangan menyerah: Ingat, belajar bagaimana untuk mempromosikan band atau musik tidak terjadi dalam semalam. Berikan karva terbaik dan selalu belajar  sesuatu hal yang bari, berinovasi, dan gigih. Mungkin dalam prosesnya Anda akan mengalami beberapa hambatan, tapi tetaplah semangat dan percaya akan kemampuan diri. Dan jika satu ide tidak bekerja selalu ada ide-ide lain yang dapat Anda coba!


BAGIKAN ARTIKEL INI
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

1 thought on “10 CARA PROMOSI BAND INDIE

Leave a Reply

Your email address will not be published.